Esensi Belajar

Esensi Belajar

Apa esensi dari proses belajar? Kembali kepada makna dari kata belajar berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Berdasarkan makna tersebut, proses belajar adalah proses untuk memperoleh suatu ilmu. Mengapa harus belajar? Agar setiap individu dari makhluk hidup baik manusia maupun hewan memiliki kepandaian dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Detik demi detik berlalu terdapat selipan proses belajar yang serta mengikuti. Sewaktu kita masih byi dan masih digendong oleh orang tua, kita tidak mengetahui apa-apa tentang dunia ini, disitulah proses belajar dimulai. Tanpa kita sadari dengan wujud yang masih mungil dan pikiran masih sangat jauh dari kata sempurna, kita berusaha belajar untuk mengenali dunia ini. Belajar apa yang kita rasakan. Belajar apa yang kita lihat. Belajar mengenali suara yang kita dengar. Perlahan tapi pasti.

Seiring waktu, kita sudah mulai mengetahui apa-apa yang ada disekitar. Sudah bisa membedakan kucing dan anjing. Membedakan warna-warna pelangi. Mengenali huruf alfabet. Menghitung dari satu sampai sepuluh dan seterusnya. Hingga kita sudah bisa mengenali konteks permasalahan yang rumit saat dewasa ini. Semua melalui proses belajar. Baik belajar dalam bentuk infromal maupun formal. Keduanya adalah hal yang baik jika disajikan dalam bentuk yang baik.

Tanpa belajar, kita tidak akan mengetahui apa-apa. Tanpa belajar, kita tidak akan bisa berbuat apa-apa. Tetapi dengan belajar, kita siap untuk bersaing dan menjadi pemenang. Dengan belajar pula kita akan menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama.

Sumber : Photo by Helloquence on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *